UNISBANK Siap melaksanakan Kurikulum Berbasis Kompetensi (KBK) 2013

“Dunia menjadi semakin kosmopolitan dan kita semua mempengaruhi satu sama lain” mungkin ungkapan ini patut diucapkan saat ini yang mana dewasa ini kehidupan manusia dengan cepat berubah dari waktu ke waktu.Demikian juga dengan kehidupan generasi muda, yang bahkan kadang-kadang perubahan itu sangat kompleks. Jadi sekarang ini kehidupan kita senantiasa dibayangi oleh perkembangan IPTEKS dengan akselerasi laju yang luar biasa, yang menyebabkan terjadinya “ledakan informasi”.

Dari gambaran itu kiranya jelas bahwa dunia yang dihadapi peserta didik termasuk mahasiswa pada saat ini, sangat kompleks dan menjadi wajarlah jika secara periodik kurikulum senantiasa harus selalu ditinjau kembali, dan senantiasa ada pembaharuan di bidang kurikulum. Seperti yang dilakukan oleh Unisbank yang melakukan kunjungan kerja dalam rangka Studi Banding untuk mengkinikan kurikulum dengan Kurikulum Berbasis Kompetensi (KBK). Kunjungan kerja ini dilakukan oleh segenap Pimpinan Unisbank dan Jajarannya berserta tim yang mendukung ke berbagai universitas di Jakarta yang telah menerapkan KBK dalam system pengajarannya. Kunjungan ini direncanakan selama 2 hari (28-29/1).

Pada kunjungan hari pertama dipilih Universitas Multimedia Nusantara (UMN) Jakarta. “Multimedia dipilih karena merupakan pendidikan yang menjanjikan dalam pengembangan ilmu pendidikan” Rektor Unisbank Dr. Bambang Suko P., MM menjelaskan alasan mengapa memilih UMN sebagai salah satu objek kunjungan kerja ini. Acara studi banding disambut baik oleh Dr. Ninok Leksono selaku Rektor UMN dan jajarannya. “Upaya-upaya pendidikan untuk memajukan bangsa demi insane-insan yang cerdas untuk mencapai karir yang baik dengan memanfaatkan kemajuan ICT, hal ini merupakan salahsatu yang mendasari perbaikan kurikulum di UMN” ujar Ninok pada saat memberikan sambutannya. Acara dilanjutkan dengan sharing mengenai apa saja dan bagaimana KBK di UMN dilaksanakan. Salah satunya adalah dengan melaksanakan program magang bagi mahasiswa sebelum lulus. Kunjungan hari kedua adalah ke Universitas Mercu Buana dan Universitas Trisakti.

Dari beberapa kunjungan yang dilakukan, tim perencana dan pengimplementasi diharapkan dapat menganalisa KBK di Unisbank dapat diarahkan untuk mengembangkan pengetahuan, pemahaman, kemampuan, nilai, sikap, dan minat peserta didik agar dapat melakukan sesuatu dalam bentuk kemahiran, ketepatan, dan keberhasilan dengan penuh tanggung jawab. Namun KBK juga menuntut dosen yang berkualitas dan profesional untuk melakukan kerjasama dalam rangkaian meningkatkan kualitas pendidikan dengan menciptakan atmosfir pendidikan yang baik.

Dalam kaitannya persiapan pengimplentasian KBK sebagai basis kurikulum di UNISBANK, sampai saat ini juga telah dipersiapkan berbagai perangkat pendukung seperti perbaikan dan pembaruan Laborat Komputer, Laborat Akuntansi, Laborat Hukum, Laborat Bahasa, Penambahan Band-width akses Hot Spot dan Perangkat ICT serta Pemanfaatan Teknologi informasi lainnya guna menunjang kelancaran proses Pembelajaran bagi mahasiswa.

2 Prodi Siap Implementasikan KBK

KBK merupakan bentuk pengembangan kurikulum yang mengkombinasikan antara dunia Teori dengan dunia Praktik sesungguhnya di dunia kerja. Hal ini disepakati oleh dua Program Studi di Unisbank yang telah siap merencakan dan mengimplementasikan KBK sebagai senjata utama dalam menggembleng para peserta didiknya. yakni S1-Ilmu Hukum dan S1-Akuntansi, yang pada awal Januari 2013 telah berhasil lolos seleksi sebagai penerima Hibah Penyusunan Kurikulum Berbasis Kompetensi (KBK) dari DIKTI

sumber : www.unisbank.ac.id