Tips dan Trik Memilih Laptop

Laptop menjadi sebuah perangkat yang perlu dipertimbangkan akan keberadaannya. Sejak masa pandemic yang secara tidak langsung memaksa kita untuk menggunakan teknologi untuk aktivitas sehari-hari kita. Mulai dari pertemuan keluarga, rapat, bahkan perkuliahan. Hingga saat ini proses perkuliahan masih dilakukan secara online atau daring. Hal tersebut tidak melihat jurusan atau fakultas apa yang dipilih oleh mahasiswa. Namun hampir semua jurusan dan fakultas di perguruan tinggi akan melibatkan teknologi sebagai sarana belajarnya. Salah satu sarana belajar yang sering digunakan adalah laptop. Oleh karena itu, ada beberapa tips dan trik memilih laptop yang sesuai dengan kebutuhannya.

1. Pemanfaatan laptop

Tentukan terlebih dahulu kebutuhan pekerjaan yang akan dilakukan laptop tersebut, seperti kebutuhan mengetik dokumen, desain tulisan dan gambar atau proses editing video. Setiap kebutuhan akan mempengaruhi pemilihan laptop. Hal itu akan mempengaruhi spesifikasi laptop yang akan digunakan. Semakin banyak dan rumit kebutuhannya maka spesifikasi laptop yang dibutuhkan juga semakin canggih mengikuti kebutan yang ada.

2. Spesifikasi laptop

setelah menentukan kebutuhan kita, maka Langkah berikutnya adalah menentukan spesifikasi laptop sesuai dengan kebutuhan yang sudah kita buat. Jika kita memiliki kebutuhan mengetik dokumen,simpan foto, dan membuat presentasi, maka kita dapat memilih spesifikasi laptop yang standar dengan harga yang terjangkau. Namun berbeda kondisi jika kebutuhan yang kita miliki untuk proses editing video dan gambar atau bahkan live streaming. Proses editing video, live streaming memerlukan spesifikasi laptop yang cukup tinggi, oleh karena itu siapkan juga anggaran yang lebih karena rata-rata harga untuk spesifikasi tinggi lebih mahal daripada laptop yang standar.

3. Merek laptop

Tips yang berikutnya adalah merek laptop. Pilihlah merek laptop yang secara desain laptop kamu nyaman, seperti tingkat kekerasan keyboard, kecerahan layar, serta fungsi-fungsi secara perangkat keras memang sesuai kebutuhan kita.

Itulah tips memilih laptop agar kita tidak salah beli karena tidak sesuai dengan kebutuhan kita. Pilihlah laptop sesuai kebutuhan, bukan sesuai keinginan.